Gak Cuma Bisa Berkarir di Corporate, Lulusan Manajemen Juga Bisa Kembangkan Diri Jadi Pengusaha!

  • Danang Giri Sadewa
  • 14 March 2023

Sebagai konten kreator pendidikan dan seorang lulusan dari Universitas Gadjah Mada, Danang Giri Sadewa kerap membagikan video yang berkaitan dengan pendidikan, khususnya dunia perkuliahan. Ia memiliki beberapa segmen dalam YouTube Channel miliknya seperti Campus Tour baik di Indonesia maupun luar negeri, beropini tentang dunia pendidikan Indonesia, berbincang dengan pelajar atau mahasiswa Indonesia, dan lainnya.

Setelah dalam segmen Bedah Jurusan sebelumnya Danang Giri berbincang dengan mahasiswa jurusan Ilmu Keperawatan dari Universitas Brawijaya, maka di episode kali ini, Danang akan berbincang dengan mahasiswa jurusan Manajemen dari Universitas Negeri Malang bernama Denata Fayza atau yang biasa dipanggil dengan Denata.

Denata adalah seorang mahasiswa lintas jurusan yang pada awalnya merupakan siswa SMA jurusan IPA. Namun karena tidak memiliki passion di bidang tersebut, maka ia memutuskan untuk fokus mengambil bimbel jurusan IPS demi bisa lulus kuliah pada bidang Soshum.

“Akhirnya di kelas tiga awal itu aku mulai ambil bimbel, bimbelnya tuh IPS, jadi otak aku kebagi dua. Prepare buat IPA biar syarat lulus, terus belajar IPS di bimbel. Jadi pagi sampe sore belajar IPA di sekolah, terus malemnya IPS,” jelas Denata.

Lebih lagi, Denata mengatakan jika jurusan Manajemen tidak sesulit yang dibayangkan. 

“Jadi kalo kita jalaninnya dengan enjoy happy, menurut aku gak ada susah-susahnya sama sekali, sih. Seru banget tau manajemen,” ujar Denata. 

Denata juga menjabarkan secara singkat apa saja yang dipelajari di jurusan manajemen. Mulai dari manajemen perusahaan, ilmu manajemen psikolog, hukum di manajemen, dan lainnya. Dalam penjurusan, manajemen juga dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain manajemen pemasaran, manajemen SDM, manajemen keuangan, dan manajemen wirausaha. 

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih sebuah jurusan di kampus adalah prospek kerja setelah lulus. Meskipun lulusan manajemen identik dengan menjadi seorang karyawan di corporate, namun Denata mengatakan bahwa lulusan manajemen juga bisa menjadi pengusaha dengan ilmu-ilmu menjadi pengusaha yang didapat selama kuliah.

Terakhir, Denata membagikan beberapa tips untuk siswa yang sebentar lagi akan masuk ke dunia perkuliahan.

“Pertama itu kalian harus bener-bener pilih jurusan yang kalian mau. Bener-bener sesuai passion kalian. Terus jangan lupa belajar, tapi belajar aja gak cukup, perlu dengan doa restu orang tua juga,” ungkap Denata. 

“Mau kuliah di mana aja kalo kamu emang passion di situ, terus kamu memang punya daya juang di situ ya kamu bakal oke. Seperti quotes yang suka kubilang gitu, ‘mutiara’ akan tetap menjadi ‘mutiara’ di manapun dia berada gitu. Jadi ya kamu mau ditaro di manapun, kalo kamu emang ‘mutiara’, ya bakal tetep jadi ‘mutiara’, ada ‘harganya’,” tambah Danang.

Buat yang penasaran dengan obrolan seru Danang Giri dan Denata, mahasiswa Manajemen Universitas Negeri Malang, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Danang Giri Sadewa, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#DanangGiriSadewa
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Danang Giri Sadewa Tour Kampus Terbaik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta!
3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Seseorang Gagal dalam Ujian Sekolah! Cek Supaya Tidak Menyesal!
Terbang ke Italia, Danang Giri Sadewa Jelajahi Kampus Politecnico Milano!
Terbang ke Malang, Danang Giri Jelajahi Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim!

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article