5 Tips Menyusun Skripsi dari Danang Giri Sadewa Supaya Lebih Mudah dan Selesai Tepat Waktu!

  • Danang Giri Sadewa
  • 14 February 2023

Setiap mahasiswa pastinya mempunyai mimpi untuk menjadi seorang sarjana ataupun ahli muda di penghujung masa kuliahnya. Dan untuk mendapatkan gelar tersebut tidak semerta-merta hanya menggunakan nilai-nilai yang sudah dikumpulkan sejak semester awal. Berbeda dengan jenjang sekolah, salah satu syarat mahasiswa untuk lulus selain nilai yang bagus adalah menyusun skripsi. 

Umumnya, setelah mahasiswa menyusun skripsi, artinya hanya tinggal satu langkah lagi gelar sarjana akan diraih. Maka dari itu, meskipun terdengar menakutkan, skripsi harus disusun dengan baik meski setiap mahasiswa pasti memiliki kesulitan dan perjuangannya masing-masing. 

Sebagai konten kreator edukasi sekaligus alumni Universitas Gadjah Mada, Danang Giri Sadewa akan membagikan pengalaman serta kesalahan saat dirinya sedang menyusun skripsi demi meraih gelar sarjana sosial. Melalui segmen self improvement kali ini, Danang berharap mahasiswa-mahasiswa yang sedang atau baru akan menyusuk skripsi dapat belajar dan menjadikannya pembelajaran. 

  1. Mahasiswa harus banyak membaca. Ketika seseorang membaca, banyak hal-hal yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan, padahal sebetulnya hal tersebut dapat menjadi topik skripsi. Tumbuhkan hobi dan minat membaca mulai dari yang ringan terlebih dahulu, seperti komik, kemudian dilanjutkan dengan yang lebih berat.
  2. Buka dan ingat kembali tugas-tugas selama kuliah. Tugas atau catatan yang telah disusun bisa saja dapat menjadi bahan-bahan dalam penulisan skripsi. Bahkan 35% isi skripsi Danang merupakan hasil dari catatan serta tugas selama dirinya kuliah.
  3. Buatlah skripsi sesuai dengan hal atau minat yang disuka. Penelitian skripsi biasanya memakan waktu lebih dari 2 bulan, apabila seorang mahasiswa tidak menyukai topik yang diambil, maka akan menimbulkan rasa jenuh. 
  4. Buatlah outline atau kerangkanya terlebih dahulu. Yaitu suatu garis besar atau rancangan yang dibuat untuk menggambarkan akan bagaimana skripsi kita nantinya.
  5. Susun skripsi dengan sepenuh hati. Sebisa mungkin, hindari distraksi-distraksi yang bisa menghambat penyusunan skripsi. Kuncinya adalah konsistensi, susun skripsi sedikit demi sedikit daripada harus menyusun 1 bab dalam satu hari.

“Skripsi yang baik itu adalah skripsi yang selesai,” tutup Danang Giri. 

Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih detailnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Danang Giri Sadewa, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#DanangGiriSadewa
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Danang Giri Sadewa Tour Kampus Terbaik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta!
3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Seseorang Gagal dalam Ujian Sekolah! Cek Supaya Tidak Menyesal!
Terbang ke Italia, Danang Giri Sadewa Jelajahi Kampus Politecnico Milano!
Terbang ke Malang, Danang Giri Jelajahi Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim!

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article