Bedah Jurusan Ilmu Komunikasi UGM, Kuliahnya Lebih Santai Tapi Prospek Kerjanya Luas?

  • Danang Giri Sadewa
  • 03 January 2023

Sebagai konten kreator pendidikan dan seorang lulusan dari Universitas Gadjah Mada, Danang Giri Sadewa kerap membagikan video yang berkaitan dengan pendidikan, khususnya dunia perkuliahan. Ia memiliki beberapa segmen dalam YouTube Channel miliknya seperti Campus Tour baik di Indonesia maupun luar negeri, beropini tentang dunia pendidikan Indonesia, berbincang dengan pelajar atau mahasiswa Indonesia, dan lainnya.

Setelah dalam segmen Bedah Jurusan sebelumnya Danang Giri berbincang dengan mahasiswa jurusan Hukum dari Universitas Gadjah Mada, maka di episode kali ini, Danang akan berbincang dengan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi dari Universitas Gadjah Mada juga bernama Amelia Zahra.

Zahra masuk Ilmu Komunikasi UGM pada tahun 2021. Dirinya mengatakan bahwa sebelumnya, ia lebih berminat untuk mengambil jurusan HI atau kedinasan di kampus lain. Namun, Zahra kemudian tertarik dan mengaku penasaran dengan materi kuliah Marketing Communication, Public Relation, dan lain sebagainya. Dari situlah Zahra memutuskan untuk menjadi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada.

Lebih lagi, Zahra juga mengatakan bahwa menurut apa yang ia rasakan, kuliah di jurusan Ilmu Komunikasi terbilang lebih santai dibandingkan jurusan lainnya yang lebih berat.

“Kita tuh santai dibandingin yang lain. Masih banyak waktu-waktu yang kita bisa main, terus bisa nonton, gak yang stres banget gitu enggak yang tugas terus segala macem. Tapi emang kalo udah dapet tugas kayak mau UTS, UAS, itu baru kerasa banget stresnya,” ujar Zahra.

Penasaran dengan banyaknya lulusan Ilmu Komunikasi yang berkarir di bidang media, salah satunya menjadi broadcaster, Danang pun penasaran dan mempertanyakannya pada Zahra.

“Kalo orang bilang kayak gitu, bener sih. Tapi gak melulu itu doang. Sebenernya salah satu perks of being anak ilkom adalah prospeknya yang luas. Tapi gak cuma perbroadcast-an terus penyiaran segala macem, tapi kita juga bisa bahkan politik, nih. Karena sebenernya ilkom kan dibutuhin di mana-mana gitu, kan. As a strategic Communication atau apa segala macem,” tutur Zahra.

Zahra kemudian memberikan suka dukanya menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi di UGM. Hal yang ia sukai antara lain santai namun tetap banyak ilmu yang masuk, fun, memiliki dosen yang baik, serta up to date dengan hal-hal yang paling baru. Sedangkan dukanya adalah tugas berupa paper yang banyak, dengan tenggat waktu setiap mata kuliah, dan pastinya tuntutan tugas yang harus detail, rapi, dan lain sebagainya.

Di akhir video, Zahra memberikan pesan kepada para siswa yang memiliki minat untuk menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi, khususnya di UGM.

“Pokoknya yakin aja, terus banyakin berdoa, minta doa sama orang tua itu penting banget. Terus kalo yang lainnya sih, paling banyakin belajar nulis. Nulis itu penting banget, karena tugas-tugasnya juga kebanyakan nulis. Sama banyak-banyak baca aja karena nanti waktu kita kuliah pasti yang lagi trend segala macem tuh bakal masuk gitu lho di kelas dibawa sama dosen. Jadi semangat aja, pasti bisa,” ujar Zahra.

Buat yang penasaran dengan obrolan seru Danang Giri dan Zahra, mahasiswa Ilmu Komunikasi UGM, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Danang Giri Sadewa, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid  
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#DanangGiriSadewa
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Danang Giri Sadewa Tour Kampus Terbaik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta!
3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Seseorang Gagal dalam Ujian Sekolah! Cek Supaya Tidak Menyesal!
Terbang ke Italia, Danang Giri Sadewa Jelajahi Kampus Politecnico Milano!
Terbang ke Malang, Danang Giri Jelajahi Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim!

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article