Apa Saja Perbedaan Kuliah di Belanda dan Indonesia? Simak Obrolan Ini, Yuk!

  • Danang Giri Sadewa
  • 26 July 2022

Danang Giri Sadewa atau yang akrab disapa Danang merupakan konten kreator edukasi yang aktif membuat konten bermanfaat untuk banyak pelajar di Indonesia. Danang yang lahir di Magelang pada 23 November 1998 ini sedang menjalani tahun terakhirnya sebagai mahasiswa di Universitas Gadjah Mada mengambil jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan.

Dalam video yang diunggahnya pada YouTube pada tanggal 5 Juli 2022, Danang yang sedang berada di Belanda membagikan momen ngobrol-ngobrol bareng konten kreator sekaligus mahasiswa asal Indonesia yang sedang berkuliah di Belanda, Jehremy Owen. 

Kini, Owen telah sampai di tahun kedua kuliah di Avans University of Applied Science, Kota Breda, dengan jurusan Teknologi Lingkungan. Dan di momen tersebut, Owen menceritakan kepada Danang pengalamannya kuliah di Belanda, perbedaannya, tips mencari beasiswa, hingga tips langgeng LDR!

Karena penasaran ingin tahu pengalaman apa saja yang bisa didapatkan jika kuliah di luar negeri, Owen kemudian memutuskan untuk memilih Belanda karena kampusnya tersebut memiliki jurusan kuliah yang akan Owen ambil. Tak hanya itu, ia juga memilih Belanda karena ingin mempelajari Bahasa lain selain Bahasa Inggris. 

Lanjut lagi Owen mengatakan bahwa kuliah di Belanda jauh lebih fokus dalam mendalami materi-materi dari jurusan yang diambil. Berbeda dengan di Indonesia yang masih memasukkan mata kuliah di luar materi jurusan seperti PKN, agama, hingga Bahasa Inggris.

“Preferensi masing-masing. Gua ga bilang ini jelek atau gua ga bilang ini lebih bagus atau gimana. Tapi kalau misalkan kalian mau lebih fokus, itu di luar negeri biasanya lebih fokus. Kalau misalnya di Indonesia, ada tambahan-tambahannya kayak gitu,” ujar Owen.

Tak hanya itu, Owen juga memberikan tips bagi para siswa yang tengah siap-siap untuk kuliah di luar negeri. Pencarian bisa dimulai dari google, dan apabila terdapat kendala biaya, dapat juga mencari beasiswa dengan menggunakan kata kunci seperti “Beasiswa kuliah di Belanda jurusan A atau B”. Dari beasiswa tersebut, mahasiswa bisa hidup hemat sekaligus mendapatkan beasiswa.

Di samping itu, Owen juga memberikan tips untuk LDR supaya tetap langgeng. Menurut Owen,  kunci langgeng yang paling penting jika LDR adalah komunikasi dan terbuka akan segala hal yang dirasakan. Sehingga tidak ada yang ditutupi dan dapat mencari solusi masalah bersama-sama.

Nah, buat yang sudah penasaran dengan obrolan Danang Giri dan Jehremy Owen, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Danang Giri Sadewa, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#DanangGiriSadewa
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Danang Giri Sadewa Tour Kampus Terbaik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Surakarta!
3 Hal Ini Bisa Jadi Penyebab Seseorang Gagal dalam Ujian Sekolah! Cek Supaya Tidak Menyesal!
Terbang ke Italia, Danang Giri Sadewa Jelajahi Kampus Politecnico Milano!
Terbang ke Malang, Danang Giri Jelajahi Kampus UIN Maulana Malik Ibrahim!

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article