Dokter Tirta Bagikan Tips Sehat Jaga Daya Tahan Tubuh Ketika Puasa: Hindari Makanan Berminyak!

  • Tirta Peng Peng Peng
  • 11 April 2023

Bulan puasa tentunya jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan hingga tidak melakukan aktivitas apapun. Seseorang dapat beraktivitas seperti biasa selama berpuasa dengan menjaga daya tahan tubuh agar kesehatan tetap fit sehingga puasanya lancar dan aktivitas terus berjalan.

Sebagai praktisi kesehatan, dr. Tirta akan memberikan beberapa tips untuk menjaga daya tahan tubuh selama bulan puasa. Berikut tipsnya:

  1. Makan secukupnya. Jangan makan berlebihan karena akan membuat pencernaan terbebani, asam lambung naik, hingga mengalami GERD (Gastroesophageal Reflux Disease).
  2. Jangan begadang menunggu sahur. Begadang dapat mengganggu kinerja otak dan kinerja badan untuk recovery setelah berpuasa. Setelah salat tarawih dapat dilanjutkan dengan berolahraga, kemudian makan malam, tunggu hingga satu jam, kemudian dilanjutkan dengan tidur hingga waktu sahur.
  3. Jangan lupa sahur. Apabila seseorang tidak sahur dan memaksakan untuk berpuasa, tubuh akan berada pada posisi kehilangan makanan, kehilangan kalori intake, sehingga tubuh akan muncul di titik kritis yang menyebabkan seseorang menjadi lemas hingga mengganggu kinerja lambung.
  4. Hindari makanan yang berminyak untuk mencegah sakit tenggorokan. Ketika seseorang berpuasa, kondisi tenggorokan pastinya menjadi kering. Jadi bukalah dengan air terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan makanan manis, baru kemudian makan besar atau makan gorengan secukupnya.

“Makanlah secukupnya. Jangan terlalu pedas, jangan terlalu berminyak. Karena inget, enak tuh cuma sampe di sini (tenggorokan), sisanya yang ngerasain tuh tubuh kalian. Puasa itu harusnya menyehatkan kita, kan? Kolesterol total kita turun, tensi kita akan normal, gula darah turun. Harapannya tuh kita jadi sehat. Jangan sampe ketika puasa kita malah kalap makan malah jadi total kolesterol naik, gula darah naik, asam urat naik,” jelas dr. Tirta. 

Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih lengkapnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Tirta PengPengPeng, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#TirtaPengPengPeng
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia
Tips Mencegah Terjadinya Cantengan di Jari Kaki dari Dokter Tirta: Menggunakan Sepatu Tidak Sesuai Ukuran
Sebagai Pengguna KRL, Dokter Tirta Usulkan Pejabat untuk Menggunakan Transportasi Umum Agar Paham Situasi di Lapangan

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article