Jangan Asal! Ini Dia 3 Waktu yang Tepat untuk Berolahraga Saat Bulan Ramadhan

  • Tirta Peng Peng Peng
  • 28 March 2023

Saat bulan Ramadhan, aktivitas berolahraga tentunya harus tetap dilaksanakan. Namun beberapa orang akan menjadi khawatir apabila aktivitas olahraga tersebut dapat membuatnya kelelahan bahkan kehausan yang dapat mengganggu jalannya ibadah puasa. 

Namun jangan khawatir, praktisi kesehatan dan sport enthusiast, dokter Tirta, akan membagikan beberapa tips berolahraga selama bulan Ramadhan melalui video yang diunggah ke YouTube Channel miliknya. 

Dokter Tirta mengatakan jika tidak ada intake kalori yang masuk dari pagi hingga sore hari pada orang yang berpuasa. Namun tubuh akan tetap bertahan karena memiliki cadangan cairan dan cadangan energi. Otomatis, kondisi fisik orang yang berpuasa tidak akan seprima seperti hari-hari di luar bulan Ramadhan. Tetapi tubuh akan mulai terbiasa dengan kondisi tersebut setelah beberapa hari menunaikan puasa. Lalu, di waktu kapan seseorang dapat berolahraga?

Yang pertama adalah saat menjelang berbuka puasa, antara jam 16.00 hingga menjelang berbuka puasa. Namun, intensitas olahraga yang dilakukan selama bulan puasa harus lebih ringan daripada olahraga yang dilakukan saat tidak berpuasa. 

“Misalkan ya bebannya biasa kalo angkat beban, tapi repetisi lebih tinggi. Kalau mau lari berarti phasenya santai, tetapi main durasi. Kenapa? Karena kita sudah kekurangan cairan. Nah ketika nanti kita batal, yang pertama kali dimakan jangan langsung makan berat. Batalkan dengan makanan-makanan yang mengandung energi cepat yaitu mengandung gula simpleks. Contoh, kurma, pisang, apel, roti, dan cairan-cairan elektrolit,” jelas dr. Tirta.

Jadwalkan makan berat pada 1-2 jam setelah berbuka puasa.

Waktu olahraga selanjutnya yang baik dilakukan saat bulan Ramadhan adalah setelah menunaikan ibadah Sholat Tarawih, sekitar jam 9-10 malam. Bisa dilakukan dengan angkat beban, kemudian dilanjutkan dengan makan malam, dan tidur sekitar jam 10-11 malam.

Selanjutnya adalah sebelum melakukan sahur. Lakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah seperti push up, sit up, dan lainnya. Dilanjutkan dengan minum air putih, memakan buah pisang, dan makan makanan yang cukup.

Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih lengkapnya langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Tirta PengPengPeng, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#TirtaPengPengPeng
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia
Tips Mencegah Terjadinya Cantengan di Jari Kaki dari Dokter Tirta: Menggunakan Sepatu Tidak Sesuai Ukuran
Sebagai Pengguna KRL, Dokter Tirta Usulkan Pejabat untuk Menggunakan Transportasi Umum Agar Paham Situasi di Lapangan

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article