Dokter Tirta Jelaskan Masalah Kesehatan yang Dapat Ditimbulkan Jika Mengonsumsi Makanan Ini Setiap Hari

  • Tirta Peng Peng Peng
  • 07 March 2023

Tidak dapat dipungkiri, makanan yang dijual di kaki lima memang memiliki rasa yang lezat dengan segala campuran bumbu dan bahan yang digunakan, tak terkecuali minyak goreng yang menjadi bahan utama untuk menggoreng meskipun jika digunakan terlalu lama justru akan menimbulkan masalah kesehatan. 

Uniknya, banyak masyarakat Indonesia yang justru menjadi penikmat makanan yang digoreng dengan minyak melimpah hingga hampir memenuhi setengah wajan untuk menggoreng. Menurut beberapa orang, sensasi minyak pada makanan tersebut membuat makanan menjadi lebih nikmat. 

Sebagai seorang praktisi kesehatan, Dokter Tirta tentunya memiliki concern tersendiri tentang hal ini. Terlebih dengan menu “Nasi Minyak” yang akhir-akhir ini menjadi viral di sosial media. “Nasi Minyak” sendiri merupakan nasi yang disajikan dengan bumbu serta sambal yang disiram dengan minyak jelantah atau minyak bekas pakai yang masih panas hingga membuat makanan menjadi lebih gurih.

“Kenapa gurih? Karena minyak kalau digunakan berkali-kali untuk menggoreng akan ada tekstur yang membuat dia gurih. Jadi kayak MSG rasanya. Warnanya menjadi hitam, itu yang dinamakan lemak trans jenuh,” ujar Dokter Tirta.

Minyak yang digunakan untuk menggoreng berkali-kali bernama karsinogenik yang dapat memicu kanker dan meningkatkan lemak trans jenuh. Lemak trans jenuh adalah minyak yang membahayakan dan menyebabkan penyumbatan di pembulu darah.

Tak hanya nasi minyak yang dibahas, Dokter Tirta juga membahas makanan viral lainnya yaitu martabak manis dengan topping melimpah. Dokter Tirta mengatakan jika martabak tersebut tentunya memiliki kandungan gula dan karbo yang tinggi, sehingga harus diimbangi dengan olahraga rutin. Jika tidak, makan dikhawatirkan akan meningkatkan risiko obesitas yang akan mengakibatkan naiknya gula darah hingga menjadi diabetes melitus.

“Berbahaya kalo kamu mager, kalo rajin olahraga ya gak berbahaya. Kenapa? Karena kelebihan gula gula ini dibuang menjadi energi. Energi itu dikeluarkan kalau ada aktivitas fisik,” jelas Dokter Tirta.

Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih lengkapnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Tirta PengPengPeng, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#TirtaPengPengPeng
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia
Tips Mencegah Terjadinya Cantengan di Jari Kaki dari Dokter Tirta: Menggunakan Sepatu Tidak Sesuai Ukuran
Sebagai Pengguna KRL, Dokter Tirta Usulkan Pejabat untuk Menggunakan Transportasi Umum Agar Paham Situasi di Lapangan

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article