Misi Meningkatkan Ekonomi Digital Kreatif dan Pariwisata Lewat Program #NgeShortsBareng

  • StarHits
  • 03 March 2023

Medan, 24 Februari 2023 - Kolaborasi StarHits bersama YouTube Indonesia dalam penyelenggaraan program #NgeShortsBareng akan berlanjut pada 2023 ini. Setelah mengawali misinya sejak September 2022 di 5 kota besar di Indonesia seperti Bandung, Semarang, Palembang, Banjarmasin, dan Jakarta sebagai event penutupan tahun, #NgeShortsBareng tahun ini akan diawali dari Kota Medan, Sumatera Utara. Dilanjutkan dengan kota-kota lainnya antara lain Balikpapan, Denpasar, Sorong, Yogyakarta, Riau, Makassar, Malang, Manado, hingga Mandalika/Lombok. 

Country Head Partnerships YouTube Indonesia, Suwandi Widjaja mengatakan bahwa #NgeShortsBareng bertujuan untuk memperkenalkan YouTube Shorts sebagai fitur YouTube terbaru. Program ini ditujukan kepada setiap kreator lokal untuk mengembangkan kreativitasnya dalam bidang konten kreasi, serta bersama-sama membangun komunitas konten kreator pada setiap kota yang akan dituju.

Selain itu, Managing Director StarHits, Lina Priscilla mengatakan bahwa program #NgeShortsBareng merupakan salah satu langkah bijaksana untuk mendukung pelaku industri kreatif. 

“#NgeShortsBareng bagi kami ini adalah langkah bijaksana untuk mendukung pelaku industri kreatif terutama pembuat konten lokal. Di mana kami, StarHits, adalah tempat yang tepat melalui jaringan media kami MNC Group, dalam membantu pelaku insan kreatif untuk lebih dikenal secara nasional,” tutur Lina Priscilla.

Berbeda dengan #NgeShortsBareng sebelumnya pada 2022, #NgeShortsBareng kali ini bekerja sama dengan Kemenparekraf yang bertujuan untuk melakukan peningkatan ekonomi kreatif digital di Indonesia. Beberapa contoh kolaborasi bersama Kemenparekraf antara lain pada bidang promosi sosial media untuk event dan juga challenge. Oleh sebab itu, terdapat beberapa perbedaan challenge pada event #NgeShortsBareng yang akan hadir tahun ini.

Mengedepankan tema pariwisata, challenge pada #NgeShortsBareng kali ini nantinya akan diumumkan pada h-14 acara, sementara pemenang terpilih akan diumumkan pada h+14 acara. Dengan ini, para kreator dapat meramaikan challenge meski tidak dapat hadir langsung pada hari H. 

Berikut rangkaian post event #NgeShortsBareng terbaru bersama Kemenparekraf:

  1. [D+14] Pengumuman Pemenang Challenge. Memilih 10 pemenang dari CPM (Biaya Per 1000 Tayangan) Creators untuk diberikan hadiah berdasarkan video yang paling menarik. 
  2. [D+21] Video Recap. Untuk diunggah di Channel YouTube Kreator Indonesia dan dipromosikan melalui social media partner.
  3. Aktivitas City Community Club. Undangan eksklusif ke event tematik Kemenparekraf, serta gathering City Community Club yang akan diselenggarakan oleh StarHits.
  4. New Creators Onboarding. Memilih kreator yang memiliki potensi untuk bergabung ke komunitas. 

Sebelumnya pada #NgeShortsBareng di Jakarta yang sekaligus menjadi event penutupan tahun 2022, StarHits bersama YouTube Indonesia sukses mengumpulkan 900+ kreator dan partners dari seluruh kreator Shorts dan Multi-Format. 

Event penutupan tahun tersebut menyoroti narasi Creator Economy melalui sesi opening speech VP YouTube Asia Pacific, Gautam Anand, serta sesi Hot-dish taste challenge & Fireside chat bersama Sapna Chadha dan Niharika Kapoor. 

#NgeShortsBareng di Jakarta tersebut juga turut menampilkan 6 top kreator Indonesia (Dyland PROS, Medy Renaldy, Celloszxz, Sonia Basil, Christie Basil, dan Dimsthemeatguy) melalui sesi creator panels “Success with Multiformat” dan “Building Your Business with Shorts”. 

Melalui #NgeShortsBareng, YouTube Indonesia dan StarHits akan menarik kreator-kreator lokal yang karyanya belum tersentuh oleh publik untuk membangun sebuah komunitas YouTube Shorts bersama, serta membongkar tips & trik menjadi top kreator YouTube Indonesia. StarHits juga akan mengembangkan setiap kreator yang memiliki potensi besar melalui program YouTube Shorts secara maksimal. Kesempatan ini terbuka bagi siapapun yang ingin mengikuti program #NgeShortsBareng.

Sejauh ini, StarHits dan YouTube Indonesia telah mengantongi sekitar 1000 nama kreator yang sudah join ke dalam YouTube Community Program. 1000 kreator tersebut didapat dari kota-kota besar yang selama 2022 sudah dikunjungi untuk #NgeShortsBareng. Melalui komunitas tersebut, diharapkan para kreator lokal dapat mengembangkan kreativitasnya dalam bidang konten kreasi serta bersama-sama membangun komunitas konten kreator agar lebih berkembang. 

Nantikan informasi selengkapnya terkait program #NgeShortsBareng StarHits bersama YouTube Indonesia melalui akun instagram official StarHits di @starhitsid.

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#NgeShortsBareng
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Inspirasi dari Ali Misbah: Dari Sketsa Hobi Menjadi Content Creator Sukses
YouTuber Jokam Gaming Asal Makassar, Raih 1 Juta Subscribers!
Masuk Jajaran Spotify Radar Indonesia, Anggis Devaki Siap Dikenal Dunia!
Terinspirasi Ria SW, Mamah Nada Kini Sukses Jadi Youtuber Petualangan dan Memasak

Pilihan Editor

List Category Article

Inspirasi dari Ali Misbah: Dari Sketsa Hobi Menjadi Content Creator Sukses
YouTuber Jokam Gaming Asal Makassar, Raih 1 Juta Subscribers!
Terinspirasi Ria SW, Mamah Nada Kini Sukses Jadi Youtuber Petualangan dan Memasak
Dari Konten Free Fire Menjadi Challenge? Rio Jokam Buktikan Eksplorasi Kunci Sukses di YouTube

Search Article