Program #NgeShortsBareng Sukses Tingkatkan Jumlah Omset UMKM, Menparekraf Sandiaga Uno Berikan Dukungan Penuhnya

  • StarHits
  • 21 February 2023

Seiring dengan tingginya minat masyarakat dengan konten video pendek melalui platform YouTube, StarHits berkolaborasi dengan YouTube Indonesia menggagas sebuah program bertajuk #NgeShortsBareng yang sudah dimulai sejak 17 September 2022 lalu di Kota Bandung. Kemudian dilanjutkan di kota besar lainnya antara lain Semarang, Palembang, Banjarmasin, dan menutup akhir 2022 di Kota Jakarta. 

Melalui program #NgeShortsBareng, StarHits dan YouTube Indonesia akan menarik kreator-kreator lokal yang karyanya belum tersentuh oleh publik untuk membangun sebuah komunitas YouTube Shorts bersama, serta membongkar tips & trik menjadi top kreator YouTube Indonesia. StarHits juga akan mengembangkan setiap kreator yang memiliki potensi besar melalui program YouTube Shorts secara maksimal.

Menyambut tahun baru, StarHits akan kembali mengawali misinya melalui #NgeShortsBareng di Kota Medan yang akan diselenggarakan pada 24 Februari 2023 sekaligus mengawali kerjasama #NgeShortsBareng bersama Kemenparekraf. 

Sebagai partner resmi, Kemenparekraf akan turut terlibat dalam hal berikut:

  1. Membantu mempromosikan acara lewat jaringan sosial media milik Kemenparekraf, Bapak Menteri Sandiaga Uno, serta sosial media dinas pariwisata terkait selama acara berlangsung di tahun 2023.
  2. Mengkoordinasikan dinas pariwisata lokal terkait dan sekitarnya untuk datang ke acara #NgeShortsBareng di setiap kota dimana acara berlangsung.
  3. Memfasilitasi dan menyiapkan produk Bangga Buatan Indonesia di 10 lokasi #NgeShortsBareng untuk display di booth Ethnic #NgeShortsBareng di 2023.
  4. Memfasilitasi para konten kreator untuk datang ke dalam acara event yang sudah disusun bersama seperti jumlah konten kreator penyusunan kota. Hal ini termasuk tiket masuk event, akomodasi, dan transportasi.

Melalui jumpa pers mingguan bertajuk The Weekly Brief with Sandi Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi serta dukungannya terhadap #NgeShortsBareng. Seperti diketahui, bahwa untuk meningkatkan sektor Parekraf, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia terus menggandeng beberapa stakeholder, salah satunya adalah StarHits dan YouTube Indonesia. 

Oleh sebab itu, Sandiaga Uno kemudian mengundang tiga narasumber antara lain Danny Ardianto selaku Head of Government Affairs & Public Policy, YouTube, Indonesia & South Asia Frontier, kemudian Cheryl Antoinette selaku salah satu konten kreator Shorts, serta Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital. 

Danny menyampaikan bahwa YouTube sudah menjadi sebuah platform yang digunakan oleh masyarakat untuk mencari inspirasi, kreasi, serta kebutuhan entertainment. Maka dari itu, setiap kreator serta ekonomi kreatif di dalamnya perlu dirangkul. 

“Kita juga ingin mengajak masyarakat, kreator, komunitas kreator, agar mereka juga terhubung dengan sesama kreator untuk kemudian mereka bisa belajar bagaimana caranya bikin konten, kemudian tips and trick-nya, sharing dengan komunitas kreator dan top kreator yang sudah tumbuh besar di Indonesia, sehingga mereka juga bisa mempromosikan konten-konten multiformat yang berkualitas di YouTube dan juga menjangkau audiens baru,” jelasnya.

Sandiaga Uno kemudian mengatakan bahwa Kemenparekraf tertarik dengan #NgeShortsBareng karena dari data internal yang ada, terdapat peningkatan jumlah omset dari para UMKM dan pelaku ekonomi kreatif melalui konten-konten yang dikemas dengan unik dan menarik. 

Lebih lagi, konten kreator Cheryl Antoinette mengatakan bahwa dari konten YouTube Shorts, dirinya bisa mendapatkan subscribers dan viewers yang signifikan. Terlebih konten yang disajikan olehnya adalah konten yang disukai oleh audiens. 

“Audiens tuh juga suka belajar, tapi gimana kita mengemas belajar tuh dengan lebih menarik, apalagi dengan entertainment dan lucu-lucunya sedikit di dalam Shorts itu,” ungkap Cheryl.

“Menurut saya Shorts itu membuat kesempatan yang besar banget bagi kreator untuk berkembang lebih pesat lagi,” lanjut Cheryl. 

Sebagai Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital, Yuana Rochma menyampaikan bahwa #NgeShortsBareng tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pelaku UMKM melainkan juga kesempatan untuk bersinergi dengan Bangga Berwisata di Indonesia. Sebagai contoh event #NgeShortsBareng di Medan yang berbarengan dengan event F1 Powerboat di Danau Toba, serta #NgeShortsBareng di Mandalika mendatang yang akan berbarengan dengan event MotoGP. 

Sandiaga Uno pun menyampaikan dukungan positifnya terhadap program #NgeShortsBareng. 

“Kita harapkan menjadi tambah besar untuk para konten kreator dan bisa membantu produk UMKM dan destinasi-destinasi wisata kita. Karena ini ada di 10 kota, kita harapkan bisa mendorong pergerakan wisatawan nusantara ke 1,4 miliar dan juga kita harapkan penjualan produk ekonomi kreatif ekonomi yang akan tembus 1.300 triliun rupiah,” jelas Sandiaga.

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#NgeShortsBareng
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Dari Nol Hingga Jutaan Subscribers, Mamah Nada Produksi Konten Petualang dan Memasak di Alam
Kisah Sukses Neng Rara, Dari Slime ke YouTube Shorts Gaet Jutaan Subscribers
Guru Asal Pati, Laili Nur Azizah, Buktikan Bahwa Profesi Guru Tak Menghambat Kreativitas di Dunia Digital
Inspirasi dari Ali Misbah: Dari Sketsa Hobi Menjadi Content Creator Sukses

Pilihan Editor

List Category Article

UNBW Bootcamp Dimulai dengan "Friend or Enemy?"
Diera Natania Ungkap Rahasia Dibalik Maraknya Perselingkuhan di Jepang
Dari Nol Hingga Jutaan Subscribers, Mamah Nada Produksi Konten Petualang dan Memasak di Alam
Kisah Sukses Neng Rara, Dari Slime ke YouTube Shorts Gaet Jutaan Subscribers

Search Article