Jangan Sepelekan Kondisi Pingsan! Lakukan Langkah Berikut Supaya Tidak Berakibat Fatal

  • Tirta Peng Peng Peng
  • 07 February 2023

Sebagai praktisi kesehatan dan sport enthusiast, dokter Tirta kerap membagikan ilmu-ilmu ataupun informasi yang bermanfaat mengenai kesehatan tubuh dan dunia olahraga yang ia tekuni melalui YouTube Channel miliknya. 

Selain itu, dokter Tirta juga memiliki beberapa segmen yang penuh akan informasi bermanfaat antara lain segmen Challenge, #Ngopeng, #InfoCipeng, #TirtaGowes, #SuaraTirta, #TirtaLokal, hingga #BolaTirta. 

Seperti melalui segmen #SuaraTirta yang diunggah kali ini, dr. Tirta akan membahas mengenai kondisi hilangnya kesadaran sementara seseorang yaitu pingsan atau bahasa ilmiahnya yaitu syncope. 

Dokter Tirta menjelaskan bahwa pingsan atau syncope dibagi menjadi dua kondisi, yaitu kondisi non emergency dan kondisi emergency. Kondisi non emergency biasanya disebabkan oleh respon vasovagal.

“Vasovagal tu adalah sebuah respon dari tubuh ketika terjadi kegagalan secara mendadak sehingga si darahnya ini gak bisa sampai ke jantung dan akhirnya terjadi penurunan tekanan darah secara mendadak,” ujar dr. Tirta. 

Penyebab terjadinya respon vasovagal antara lain stress dan fobia. Hal yang harus dilakukan ketika seseorang mengalami pingsan karena respon vasovagal adalah dengan membawa korban ke tempat yang aman, longgarkan pakaian yang ketat, dan tidurkan dalam posisi anatomis di tempat yang rata. Kemudian posisikan leher agak menenggak supaya lidah korban tidak jatuh ke bawah dan memberi jalan nafas.

Sementara pingsan dalam kondisi yang berbahaya atau emergency biasanya terjadi pada seseorang yang sedang berolahraga, memiliki riwayat pingsan yang cukup sering, dehidrasi, riwayat pada otak, serta riwayat kelainan jantung.

Terdapat dua kemungkinan yang menyebabkan seseorang pingsan saat sedang berolahraga, antara lain kelainan jantung dan dehidrasi. 

“Kalo dehidrasi, dia bangun, langsung kasih air minum, air mineral. Tapi kalo dia enggak bangun kan bahaya juga. Daripada kita sok tahu, jangan pernah dikasih teh anget kalo ada orang pingsan saat olahraga. Jika kalian menemukan orang yang pingsan saat olahraga, bawa langsung ke IGD, dan cari orang yang bisa resusitasi jantung paru. Karena orang yang pingsan saat olahraga itu kemungkinan besar kalo gak dehidrasi, dia ada kelainan jantung,” jelas dr. Tirta.

Kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan oleh orang awam ketika menangani orang pingsan antara lain mendokumentasikan kejadian, memberikan teh hangat, mengangkat bagian perut korban, tidak menelpon ambulance, memberikan minyak angin di hidung, hingga memanggil paranormal.

Hal-hal yang bisa dilakukan untuk menolong seseorang yang pingsan adalah panggil ambulance, panggil keluarganya apabila kenal, bawa korban ke tempat aman dan teduh, longgarkan baju korban, serta cari obat bagi korban yang memiliki riwayat penyakit jantung.  

“Jangan takut untuk menolong. Karena kalau dalam kondisi darurat Anda menolong, setau saya itu tidak akan dipermasalahkan secara hukum. Karena ingat, golden periodenya adalah 6-30 menit. 6 ini untuk otak, 30 menit untuk jantung. Itu untuk syncope,” ungkapnya.

Buat yang ingin menambah kemampuan atau ilmu tentang hal-hal yang harus dilakukan ketika menghadapi orang yang pingsan, langsung aja cek penjelasan lebih lengkapnya hanya di YouTube Channel Tirta PengPengPeng, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/ 
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn 
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid 
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/ 

#TirtaPengPengPeng
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia
Tips Mencegah Terjadinya Cantengan di Jari Kaki dari Dokter Tirta: Menggunakan Sepatu Tidak Sesuai Ukuran
Sebagai Pengguna KRL, Dokter Tirta Usulkan Pejabat untuk Menggunakan Transportasi Umum Agar Paham Situasi di Lapangan

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article