Apa Benar Mandi Pada Malam Hari dapat Timbulkan Paru-Paru Basah? Simak Penjelasan dr. Tirta di Sini!

  • Tirta Peng Peng Peng
  • 15 December 2022

Sebagai praktisi kesehatan dan sport enthusiast, dokter Tirta kerap membagikan ilmu-ilmu ataupun informasi yang bermanfaat mengenai kesehatan tubuh dan dunia olahraga yang ia tekuni melalui YouTube Channel miliknya. 

Selain itu, dokter Tirta juga memiliki beberapa segmen yang penuh akan informasi bermanfaat antara lain segmen Challenge, #Ngopeng, #InfoCipeng, #TirtaGowes, #SuaraTirta, #TirtaLokal, hingga #BolaTirta. 

Seperti melalui segmen #SuaraTirta yang diunggah kali ini, dr. Tirta akan membagikan beberapa pengetahuan mengenai mitos-mitos yang beredar seputar olahraga yang kerap terjadi misleading bagi orang-orang awam.

Mitos pertama adalah keefektifan penggunaan tissue magic ketika berolahraga khususnya saat mendaki gunung dan bersepeda. Dokter Tirta mengatakan bahwa penggunaan tisu tersebut memang bisa membuat otot kebas. Namun bukan berarti otot tidak lelah. Otot-otot yang kelelahan terjadi bukan karena sakit karena robek, melainkan karena berkumpulnya asam laktat.

“Jadi solusinya itu ya kita  harus berhenti untuk rehat. Tidak bisa memaksakan keadaan karena asam laktat itu bersumber dikarenakan adanya pemecahan glikogen akibat kita respirasinya anaerob,” jelasnya.

Mitos selanjutnya adalah banyak konsumsi suplemen protein membuat olahraga menjadi semakin efektif. Dokter Tirta mengatakan bahwa hal tersebut tidak selalu terjadi. Suplemen protein akan bekerja secara maksimal apabila diimbangi dengan aktivitas olahraga yang stabil. Otot tidak akan berkembang apabila konsumsi suplemen namun tanpa aktivitas fisik. 

Mitos yang ketiga adalah mandi pada malam hari setelah berkeringat akan menyebabkan paru-paru basah. Dengan jelas, Dokter Tirta mengatakan bahwa mitos tersebut adalah hoax, karena paru-paru basah disebabkan karena infeksi virus atau bakteri. 

“Ketika kalian keringat, kalian hapus dulu keringatnya, baru kalian mandi. Lho kenapa nunggu keringetnya nguap dulu, ya supaya penguapannya maksimal. Kalo enggak ya otomatis bakteri-bakterinya akan nempel lagi dan kalian keringetan terus. Ketika kalian berkeringat tuh suhu tubuh akan stabil dan kalian mandi pun gak masalah,” tambah dr. Tirta. 

Masih ada beberapa mitos lain yang dibahas oleh Dokter Tirta pada video kali ini. Buat yang penasaran, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Tirta PengPengPeng, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#TirtaPengPengPeng
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia
Tips Mencegah Terjadinya Cantengan di Jari Kaki dari Dokter Tirta: Menggunakan Sepatu Tidak Sesuai Ukuran
Sebagai Pengguna KRL, Dokter Tirta Usulkan Pejabat untuk Menggunakan Transportasi Umum Agar Paham Situasi di Lapangan

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article