Sebagai Chairwoman of the Board, Tere Jelaskan Peran WAMI dalam Ekosistem Musik Indonesia

  • StarHits
  • 06 December 2022

WAMI (Wahana Musik Indonesia) sukses gelar festival musik yang edukatif dan menghibur bertajuk WAMIFEST 2022. Menghadirkan sederet musisi ternama Indonesia, WAMIFEST 2022 dilaksanakan pada 3 Desember 2022 di Mbloc Space, Jakarta Selatan. 

Mengawali aktivitasnya yang edukatif dan menghibur, WAMIFEST menghadirkan aktivitas Diskusi Panel dengan topik “Ekosistem Musik” yang menampilkan beberapa musisi serta produser internasional sebagai narasumber. Mereka antara lain Bams, Makki Ungu, Tere, Budi “Baim” Sulistio, Tat Tong, Sevri Hadis, serta Jason Foulkes.

Sebagai WAMI Chairwoman of the Board sekaligus penyanyi dan penulis lagu, Tere mengatakan bahwa tujuan utama diadakannya WAMIFEST 2022 adalah sebagai sarana bagi para musisi atau para pencipta lagu agar lebih mengenal dan mengetahui hak-haknya sebagai pembuat musik, dalam hal ini adalah hak cipta, untuk menciptakan ekosistem musik yang sehat melalui WAMI. Terlebih menurut Tere, di masa digital ini, semua orang bisa menjadi seorang penulis lagu dan dapat dengan mudah mem-publish karyanya melalui berbagai platform

Everybody can be a musician, can be a songwriter, tapi di satu sisi kita akan masuk ke sebuah jungle di mana kalo kita gak paham, kita gak akan bisa mengoptimalkan apa-apa saja yang seharusnya akan menjadi rights atau gak kita nantinya,” ujar Tere. 

Ia juga menambahkan bahwa hal tersebut pastinya akan diatur dengan sebuah regulasi.

In shorts, ada a bundle of regulation yang mana itu memberikan collective management society atau lembaga manajemen kolektif untuk mengerjakan tugasnya meng-collect hak-hak temen-temen yang jadi songwriter ini,” tambahnya.

Sebagai penyanyi sekaligus pencipta lagu, Bams turut memberikan tanggapannya terkait era digital saat ini yang sangat memudahkan para musisi untuk mem-publish karyanya kepada para pendengar. Menurut Bams, platform-platform tersebut, seperti salah satu contohnya adalah Reels, sangat menguntungkan bagi para musisi. 

“Itu (platform digital) sangat memudahkan dan sangat membantu ya. Karena yang namanya ada platform baru, kanal baru, itu akan sangat memudahkan untuk musisi yang memang tau cara menggunakannya dan tau market-nya di mana. Sebagai musisi, tinggal kita tau uniqueness kita di mana, keunggulan kita dimana, market kita siapa, it’s actually really beneficial buat semua performer, buat semua musisi, buat semua seniman,” ujar Bams.

Tak selesai sampai aktivitas Diskusi Panel, WAMIFEST 2022 masih memiliki beberapa aktivitas lainnya, antara lain workshop, karaoke bersama, hingga konser musik yang diselenggarakan di live hall Mbloc Space dengan menampilkan 19 karya terpilih dari para penulis lagu yang dibawakan oleh musisi ternama Indonesia seperti Barry Likumahuwa, Cakra Khan, dan Aviwkila. 

Sebagai broadcast partner, StarHits turut menayangkan gelaran WAMIFEST 2022 melalui laman Facebook Official StarHits. Bagi yang ketinggalan kemeriahan acara WAMIFEST 2022, jangan khawatir! Karena siaran ulangnya sudah dapat disaksikan melalui Facebook Official StarHits di facebook.com/starhitsidn.

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#WAMIFEST2022
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Pernikahan Menjadi Awal Yoppi Armanda Kembali ke YouTube
Bu GM Terjun Menjadi Konten Kreator Terinspirasi dari Suami
Keputusan Berani Yoppi Tanjuang Memutar Gaya dalam Berkontennya
Berawal dari Konten Gaming, Bu GM Kini Berekspansi ke Konten Family?

Pilihan Editor

List Category Article

Live Reaction ReXtion X Factor Season 4 Bangun Interaksi dengan Penggemar Secara Real Time!
Tereliminasi di Gala Show 3, Circle of Fifth Bangga Bisa Bangun Chemistry Sesama Anggota
Jadi Salah Satu Peserta Termuda, X Factor Season 4 Jadi Ajang Pencarian Bakat Pertama Kania Lituhayu!
Tereliminasi di Gala Show 1 X Factor, Denise U Alfi Siap Rilis Mini Album Baru!

Search Article