Zahid Ibrahim Dapatkan 10 Pembelajaran Hidup yang Membuatnya Lebih Bahagia di Tahun 2022, Simak di Sini!

  • Zahid Azmi Ibrahim
  • 30 November 2022

Zahid Azmi Ibrahim yang sebelumnya menjalani pendidikan perguruan tinggi di Institut Teknologi Bandung memutuskan untuk mengundurkan diri dan memilih untuk pindah universitas. Zahid sempat menjalani gap year selama 8 bulan sampai akhirnya menerima beasiswa di sebuah universitas di Jepang yaitu Ritsumeikan Asia Pacific University (APU).

Sebagai konten kreator edukasi, Zahid kerap membagikan ilmu bermanfaat bagi penonton, di antaranya tips belajar bahasa asing, tips berbicara di depan umum, dan cara agar lebih produktif. Banyak peminat, kini Zahid memiliki lebih dari 340.000 subscribers di YouTube Channel miliknya.

Melalui YouTube Channel miliknya, Zahid membagikan video mengenai 10 pembelajaran hidup yang membuatnya lebih bahagia di tahun 2022 yang sebentar lagi akan berakhir ini. Zahid juga mengatakan bahwa pada tahun 2022 ini, dirinya merasa lebih secure, lebih bahagia, dan merasa lebih bisa menghadapi tantangan-tantangan yang datang ke dalam hidupnya dengan nyaman, aman, dan sentosa. 

Berikut beberapa pelajaran hidup yang bisa membuat Zahid lebih bahagia: 

  1. Setiap hari adalah lembaran baru. Jangan bawa rasa menyesal, amarah, dan kecewa pada diri sendiri dari kejadian di masa lalu ke hari berikutnya. Sebab apabila kita terperangkap di masa lalu, kita malah akan terus memikirkannya dan merasa bersalah. Maka anggaplah setiap hari adalah hari baru, tanpa melihat ke belakang.
  2. Lihat progres setelah beberapa bulan, bukan beberapa hari. Dengan mengamati progres dalam beberapa hari, kita hanya akan merasa tidak berprogres, karena setiap hari itu perubahannya sangat kecil. Perubahan kecil ini baru akan terlihat besarnya setelah beberapa bulan.
  3. Jangan tunggu waktu yang sempurna jika ingin mencapai satu tujuan. Jika selalu menunggu hal yang sempurna, kita justru tidak akan mulai bergerak. Dan sering kali hal yang harus kita lakukan ketika mendapatkan inspirasi adalah bertindak saat itu juga supaya tidak lupa dan kehilangan motivasi.
  4. Disiplin, Motivasi, Disiplin. Selalu disiplin dengan seluruh jadwal yang sudah dibuat sebelumnya agar terbangun sebuah motivasi dalam diri. Setelah motivasi terbangun, berikutnya kita akan lebih gampang untuk disiplin. Apabila kita disiplin, hampir pasti itulah yang akan mengembalikan motivasi kita.
  5. Jangan lihat orang lain sebagai kompetisi, melainkan lihat mereka sebagai rekan-rekan yang juga berjuang untuk mencapai tujuan yang sama. 
  6. Amati perasaan sedih dan senang yang datang, sadari bahwa kita sedang senang ataupun sedih. Jangan coba untuk mengubahnya apalagi sampai marah, karena itu semua akan segera berlalu. Begitupun dengan perasaan senang, nikmati saja perasaan tersebut agar lebih enjoy menikmati kebahagiaan. 
  7. Dunia itu apa adanya. Apa yang sebenarnya terjadi di dunia ini adalah netral. Positif atau tidaknya sesuatu itu tergantung penilaian atau narasi yang kita berikan pada sebuah peristiwa. 
  8. Hargailah sekat yang dimiliki oleh seseorang. Hormatilah sekat-sekat atau batas-batas yang dimiliki orang lain supaya orang lain juga melakukan hal yang sama terhadap diri kita. 
  9. Letakkan buku yang tidak kita suka. Jangan buang-buang energi untuk membaca buku yang bisa membuat kita kesal atau bosan. Masih banyak buku bagus lainnya yang bisa dibaca dan bisa membuat kita penasaran, tertarik, dan lebih cinta membaca.
  10. Jangan terpaku pada satu identitas dan memakukan energi kita ke satu identitas. Milikilah beberapa identitas mikro yang bisa diandalkan apabila salah satu identitas kita yang gagal.

Itulah 10 pembelajaran hidup yang Zahid dapatkan di tahun 2022. Buat yang penasaran dengan penjelasan lebih lengkapnya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Zahid Ibrahim, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#ZahidAzmiIbrahim
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Zahid Ibrahim Bahas Cara Belajar Skill Baru dengan Kilat ala Ultra Learning, Simak di Sini!
Tips Bangkit dari Kegagalan ala Zahid Ibrahim, Salah Satunya dengan Main Lebih Jauh!
4 Strategi Zahid Ibrahim untuk Lebih Banyak Membaca Buku, Salah Satunya Mencoba Audiobook!
Tips Lancar Berbahasa Inggris dalam 7 Hari ala Zahid Ibrahim, Emang Bisa?

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article