dr. Tirta Bagikan Edukasi Mengenai 5 Kegiatan Penyebab Ambeien atau Wasir

  • Tirta Peng Peng Peng
  • 16 August 2022

Tirta Mandira Hudhi atau yang akrab disapa dr. Tirta merupakan dokter muda yang kini banyak dikenal masyarakat Indonesia melalui edukasinya seputar kesehatan. dr. Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Selain dikenal sebagai seorang dokter, dr. Tirta merupakan pengusaha bisnis cuci sepatu yang telah melebarkan sayapnya ke berbagai kota di Indonesia. Pertama kali didirikan di Yogyakarta, dr. Tirta mulai merintis usahanya pada saat ia menjalani pendidikan kedokteran di Universitas Gadjah Mada.

Meskipun berprofesi sebagai seorang dokter, dr. Tirta kerap kali membuat video mengenai informasi umum, lho. Seperti segmen challenge, #Ngopeng, #TirtaGowes, #SuaraTirta hingga #BolaTirta. Seperti pada video yang diunggah kali ini, melalui segmen #SuaraTirta, dr. Tirta akan memberikan pengetahuan mengenai 5 kegiatan yang berpotensi menyebabkan wasir (hemoroid) dan ambeien. 

Ambeien dan wasir (hemoroid) adalah sebuah penyakit yang sama, di mana terdapat benjolan di salah satu bagian dari rektum yang bernama kanal. Ambeien sendiri memiliki 4 tingkatan, di mana tingkat ke-4 mengharuskan penderitanya untuk melakukan tindakan operasi. dr. Tirta mengatakan bahwa ambeien atau wasir (hemoroid) bisa sembuh dengan mengubah pola hidup. Dan berikut 5 kegiatan yang bisa menyebabkan ambeien atau wasir (hemoroid):

  1. Terlalu lama jongkok ketika BAB. Hal ini akan membuat darah dan daging berkumpul di lubang anal. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang paling banyak menyebabkan seseorang menderita ambeien. 

  2. Sering naik motor dalam waktu yang lama. Apabila terlalu sering naik motor jarak jauh dan tidak pernah olahraga, akan menyebabkan lemahnya otot core dan tulang belakang yang saling menjepit sehingga akan menyebabkan low back pain yang diikuti dengan ambeien.

  3. Sering Mengejan. Ketika kita mengejan akan makan akan meningkatkan tekanan intra abdomen, sehingga tekanan di perut menjadi berlebihan dan memacu ke gravitasi lubang anal. Jadi apabila akan olahraga angkat beban, perkuat dahulu otot core yang akan membuat tekanan intra abdomen stabil. 

  4. Kurang Makanan Serat. Salah satu fungsi serat adalah mempercepat aliran makanan atau sari-sari makanan yang akan masuk ke proses pembusukan di usus besar. Kurangnya serat yang masuk akan menghambat proses di usus sehingga feses akan menjadi keras dan menimbulkan berbagai penyakit yang menyulitkan proses mengejan hingga menimbulkan ambeien atau wasir (hemoroid).

  5. Sedentary Lifestyle. Merupakan jenis gaya hidup di mana seseorang kurang melakukan gerak atau aktivitas fisik yang berarti. Hal ini membuat otot punggung dan perut menjadi lemah dan menjadi gumpalan lemak. Ketika gumpalan lemak tersebut tidak ada ototnya, makanan akan menyebabkan tekanan-tekanan intra abdomen menjadi minim, sehingga tidak bisa menstabilkan kerja usus.

Nah, buat yang penasaran dengan penjelasan lebih detail nya, langsung aja cek videonya hanya di YouTube Channel Tirta PengPengPeng, ya!

---

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:
Website: https://www.starhits.id/
Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn
Twitter: https://twitter.com/Starhitsid
Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

#dr.Tirta
#TirtaPengPengPeng
#smn
#starhits
#hitsrecords
#msin
#mncstudiosinternational

Creator's Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia
Tips Mencegah Terjadinya Cantengan di Jari Kaki dari Dokter Tirta: Menggunakan Sepatu Tidak Sesuai Ukuran
Sebagai Pengguna KRL, Dokter Tirta Usulkan Pejabat untuk Menggunakan Transportasi Umum Agar Paham Situasi di Lapangan

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article