Tirta Mandira Hudhi atau yang akrab disapa dr. Tirta merupakan dokter muda yang kini banyak dikenal masyarakat Indonesia melalui edukasinya mengenai virus corona. dr Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.
Selain dikenal sebagai seorang dokter, dr Tirta merupakan pengusaha bisnis cuci sepatu yang telah melebarkan sayapnya ke berbagai kota di Indonesia. Pertama kali didirikan di Yogyakarta, dr Tirta mulai merintis usahanya pada saat ia menjalani pendidikan kedokteran di Universitas Gadjah Mada.
Kembali dengan konten seru yang menghibur penonton, kali ini dr Tirta membuat video khusus dimana dirinya menjawab beberapa pertanyaan seputar mengelola sebuah bisnis. dr Tirta pun menjawab pertanyaan pertama mengenai cara mempromosikan bisnis.
dr Tirta kemudian menjelaskan bahwa riset pasar merupakan hal yang sangat penting. Ia mengklasifikasi target market dengan jumlah pendapatan yakni high-end, middle, dan low-end. Tak hanya itu, analisa lokasi bisnis dan juga kompetitor perlu diperhatikan dalam menentukan harga.
“Sudah tahu harganya, sudah tahu riset marketnya, berarti kita bisa menentukan budget marketing yang cocok berapa, biasanya 20% dari pengeluaran, itu kalau saya,” ujar dr Tirta.
dr Tirta juga menjelaskan penggunaan jasa Key Opinion Leader (KOL) dengan teknik yang berbeda di berbagai lokasi bisnisnya. Bagi yang sudah penasaran, yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!