Buka Konsultasi Online, dr. Tirta: Serangan Jantung Jangan Dikasih Teh Anget

  • Tirta Peng Peng Peng
  • 26 August 2021

dr. Tirta kembali membuat video yang bermanfaat bagi penonton setelah mendapat respons positif dari video edukasi mengenai virus corona. Dokter Tirta Mandira Hudhi atau yang akrab disapa dr. Tirta merupakan dokter muda sekaligus pengusaha. Ia seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, di antaranya melalui YouTube.

Dokter Tirta beberapa kali membahas tentang kasus covid-19 yang meningkat dan kehadiran varian baru yaitu corona varian delta. Ia juga sempat mengangkat isu hoaks yang beredar mengenai virus tersebut.

Kali ini dr. Tirta membuat video khusus untuk menjawab pertanyaan seputar penanganan kesehatan yang ia kumpulkan dari media sosial, salah satunya yaitu membahas mengenai alergi dingin dan juga penanganan serangan jantung.

dr. Tirta pun membacakan sebuah pertanyaan mengenai efektivitas dalam mengkonsumsi air rebusan ketumbar untuk memperlancar pembuluh darah bagi pasien sakit jantung. Ia pun tidak menyarankan seseorang untuk membuat rebusan minuman untuk penderita serangan jantung, lebih baik langsung dibawa ke Instalasi Gawat Darurat terdekat.

“Kalau ada orang sakit jantung, serangan jantung, nyeri dada yang sangat hebat kayak ditusuk paku, nyebar, keringat dingin, sesak nafas tiba-tiba, dari bahu kiri lengan kiri sampai dagu nyeri banget, jangan malah kau rebusin teh anget, apalagi rebusin air ketumbar. Keburu sakit, keburu pingsan. Jadi salah, kamu harus bawa ke IGD terdekat” jelas dr. Tirta.

Kemudian, ia juga menerima keluhan dari pasien yang mengalami telinga gatal, bersin, dan batuk setiap pagi dan malam. dr. Tirta pun menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan gejala rhinitis alergi yang dapat disebabkan oleh udara yang dingin. Ia pun menyarankan untuk siap sedia obat alergi yang didapatkan dari dokter umum maupun dokter THT.  

Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!

Creator's Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia
Tips Mencegah Terjadinya Cantengan di Jari Kaki dari Dokter Tirta: Menggunakan Sepatu Tidak Sesuai Ukuran
Sebagai Pengguna KRL, Dokter Tirta Usulkan Pejabat untuk Menggunakan Transportasi Umum Agar Paham Situasi di Lapangan

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article