Ada Gejala Setelah Sembuh Covid, dr. Tirta: Makan Protein, Kurangi Gula

  • Tirta Peng Peng Peng
  • 12 August 2021

Setelah mendapat respon positif dari video edukasi mengenai virus corona, dr. Tirta kembali membuat video yang bermanfaat bagi penonton. Dokter Tirta Mandira Hudhi atau yang akrab disapa dr. Tirta merupakan dokter muda sekaligus pengusaha. Ia seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, diantaranya melalui YouTube.

dr. Tirta beberapa kali membahas tentang kasus Covid-19 yang meningkat dan kehadiran varian baru yaitu corona varian Delta. Ia juga sempat mengangkat isu hoaks yang beredar mengenai virus tersebut.

Kali ini dr. Tirta membuat video khusus menjelaskan mengenai gejala yang dirasakan setelah sembuh dari Covid. Ia pun menjelaskan bahwa orang yang pernah positif Covid lalu sudah dinyatakan negatif, baik yang mengalami gejala ringan, sedang, atau berat, penyintas dapat mengalami fase sekuel atau gejala tertinggal.

Gejala tertinggal dapat berupa batuk terutama setiap pagi dan malam, merasa lemas, mudah lelah, nyeri ulu hati, merasa pegal linu terutama di sendi-sendi besar, anosmia (hilangnya kemampuan indra penciuman), dan saturasi oksigen rendah.

“Virus-virus Covid ini hilang, sel peradangannya ini butuh waktu untuk digantikan yang baru, dan menggantikan sel yang rusak itu butuh energi” tutur dr. Tirta.

dr. Tirta pun menyebutkan bahwa ketika penyintas merasa lemas maka sel peradangan sedang bekerja membenahi sel tubuh yang rusak. Ia pun menyebutkan solusi untuk mengatasi gejala yang terasa saat proses pemulihan yaitu dengan mengkonsumsi zat yang membangun tubuh yaitu protein seperti tempe, tahu, putih telur, dan ikan bandeng.

“Dan kurangi gulanya, seperti biasa, semakin banyak gula, semakin bangkai virus gak bisa menyingkir, karena bangkai virus ini menempelnya sama gula” tutur dr. Tirta.

Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!

Creator's Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia
Tips Mencegah Terjadinya Cantengan di Jari Kaki dari Dokter Tirta: Menggunakan Sepatu Tidak Sesuai Ukuran
Sebagai Pengguna KRL, Dokter Tirta Usulkan Pejabat untuk Menggunakan Transportasi Umum Agar Paham Situasi di Lapangan

Pilihan Editor

List Category Article

Sesi Tanya Jawab Bersama Dr. Tirta dalam Pengenaan Tarif dan Identifikasi Penipuan seputar Bea Cukai
Eksperimen Vincent Raditya Ubah Mobil Tua jadi Mobil EV yang Lebih Modern dan Ramah Lingkungan
Rekomendasi Hotel untuk Menyendiri Bagi Para Kaum Introvert dari Adhe Tora TV, Cek di Sini!
Tanggapan Dokter Tirta Terkait Ramainya Komentar Netizen Terkait Kualitas Dokter di Indonesia

Search Article