Pentingnya Nilai Bagi Mahasiswa Indonesia Yang Berkuliah Di Luar Negeri

  • Nihongo Mantappu
  • 19 March 2021

Banyak yang beropini bahwa nilai di bidang akademis bukan penentu kesuksesan seseorang. Setujukah mahasiswa-mahasiswa muda Indonesia dengan pernyataan tersebut?

Topik tentang dunia pendidikan kali ini dibahas oleh Jerome Polin dan Gita Savitri Devi. Jerome Polin merupakan mahasiswa yang saat ini sedang berkuliah di Waseda University di Jepang. Sedangkan Gita Savitri merupakan penulis dan musisi yang telah menyelesaikan studi di Freie Universität di Jerman. 

Jerome dan Gita merupakan konten kreator yang aktif membicarakan isu-isu seperti pendidikan dalam YouTube channel masing-masing. Jerome yang mempelajari Matematika ini mendapatkan beasiswa untuk dapat berkuliah di kampusnya. Gita mempelajari studi Kimia Murni di Berlin, hal ini dengan lengkap ia ceritakan dalam video YouTube nya.

Kali ini Jerome dan Gita membahas dan beropini tentang dunia pendidikan melalui observasi dan pengalaman pribadi mereka. Salah satu pembahasannya yaitu seberapa penting nilai bagi pelajar dan mahasiswa. 

Menurut Gita nilai itu penting karena bisa dijadikan parameter seberapa baik seseorang belajar dan memahami pelajaran. Tapi kalau untuk kesuksesan, banyak faktor selain nilai untuk menuju sukses. Belum lagi takaran kesuksesan setiap orang berbeda-beda.

Selain IPK, menurut Gita ada banyak sekali faktor eksternal seperti pengalaman yang dimiliki dan soft skill untuk mendapatkan pekerjaan idaman. 

Jerome setuju dengan opini Gita dan menambahkan kalau nilai bisa menjadi penting untuk beberapa profesi.

“Untuk pekerjaan tertentu menurutku nilai tuh penting banget” pekerjaan yang dimaksud Jerome yaitu seperti dokter dan insinyur.  

Menurut Gita, selain nilai, proses belajar merupakan hal yang sangat penting karena dari situ pelajar bisa memperoleh skill baru seperti time management, cara berpikir kritis, problem solving, dan lain lain. 

Yuk tonton selengkapnya opini dari Jerome Polin dan Gita Savitri tentang dunia pendidikan di YouTube channel Nihongo Mantappu!

Creator's Article

Petualangan Kuliner Wasedaboys di Eropa: Mencicipi Streetfood Terbaik dari Strasbourg
Waseda Boys Temukan Makanan Indonesia Siap Saji di Supermarket Albert Heijn
Waseda Boys Habiskan Rp 2,5 Juta per Orang Untuk Fine Dining, Worth It Nggak Sih?
Kunjungi Amsterdam, Waseda Boys Temukan Fakta Bahasa Indonesia?

Pilihan Editor

List Category Article

Zoe Levana Pertama Kali Bangun Tenda Camp Sendiri?
Raih 700 Ribu Subscriber, Diera Nathania Berharap Capai 1 Juta Subscriber dan Terus Berkarya
Berawal Iseng, Kini Windi Satria Sukses di YouTube
Di Balik Layar Diera Nathania: Konten Kreator Sukses di Balik Layar

Search Article