dr. Tirta Ungkap Bahaya Penyakit Lambung dan Penyebabnya

29 July 2021

Creator: Dr Tirta

Dokter Tirta Mandira Hudhi atau yang akrab disapa dr. Tirta merupakan dokter muda sekaligus pengusaha. dr. Tirta seringkali membuat konten edukasi kesehatan di media sosial, salah satunya melalui YouTube.

Sebelumnya dr. Tirta sempat membahas tentang kasus Covid-19 yang meningkat dan kehadiran varian baru yaitu Corona varian Delta. Ia pun mengingatkan penonton mengenai bahaya rebahan terlalu lama dan juga begadang.

Kali ini ia membuat video khusus untuk membahas penyakit lambung yaitu gerd. Gerd atau gastroesophageal reflux disease yaitu kondisi dimana asam lambung dapat naik ke esophagus atau kerongkongan, padahal esophagus bukan organ yang dapat menahan asam. 

Hal ini menyebabkan kerongkongan menjadi nyeri dan panas, salah satu ciri-cirinya yaitu muntah yang pahit dan berwarna hijau atau kuning.

“Kalau terjadi sekali yang dirasain adalah panas doang, kalau terjadi berulang kali esophagus-nya hancur, terjadi pendarahan yang lumayan parah dan bahkan bisa memicu cancer esophageal” tutur dr. Tirta.

Ia juga mengungkapkan bahwa penyakit tersebut sering terjadi pada milenial karena pola makan yang tidak teratur dan sering mengonsumsi makanan yang berminyak dan pedas, dan juga konsumsi kafein. 

“Kalau orang gak makan sesuai jamnya, kadang jam 4 makan kadang gak, akhirnya asam lambung ini keluar sebelum waktunya” tutur dr. Tirta.

Yuk simak penjelasan selengkapnya hanya di YouTube channel Tirta PengPengPeng!

share on:

NEXT EPISODE

Apresiasi Penurunan Kasus Covid, dr Tirta Ingatkan Warga untuk Tidak Lengah
dr Tirta Jelaskan Akibat Rasa Nyeri di Dada Sebelah Kiri
dr Tirta Pakai Air Purifier Guna Meminimalisir Penularan Covid di Ruangan Indoor
Pegawai Ungkap Sosok dr Tirta di Balik Layar yang Belum Diketahui Orang Lain
dr Tirta dan dr Keven Bahas Efek Vaksin Terhadap Ibu Hamil
dr Tirta Apresiasi Perbaikan Kasus Covid-19 di Indonesia
dr Tirta Bahas Penyebab dan Cara Obati Sariawan
Jawab Pertanyaan Netizen, dr Tirta: Kalau Luka Jangan Dikasih Air Liur