Cerita Penyiar Jerry Arvino Koma 9 Hari Karena Begadang

25 June 2021

Creator: Gritte Agatha

Kali ini konten kreator Gritte Agatha mengundang penyiar olahraga Jerry Arvino untuk ngobrol bareng di podcast-nya. Jerry yang pernah koma selama 9 hari sampai disebut mati suri tersebut menceritakan sakit yang dideritanya. Jerry pun menceritakan bagaimana awal mula ia bisa koma. Kejadian awalnya yaitu pada Juli tahun 2019 dimana Jerry mengalami demam selama 2 hari.

Walaupun demam Jerry masih tetap lanjut bekerja dan menjalani pendidikan S2-nya. Saking produktifnya, Jerry suka menggunakan kata-kata #sleepcanwait di media sosialnya yang menandakannya sebagai pekerja keras. 

Karena demamnya semakin tinggi, Jerry pergi ke rumah sakit dan diberitahu dokter bahwa ada infeksi lambung sehingga ia harus dirawat. Beberapa hari kemudian ia tiba-tiba mengeluarkan lendir berdarah dari tenggorokannya. 

“Di momen itu badan gue udah biru” tutur Jerry.

Kemudian dokter memasangkan alat ventilator dan mengatakan pada Jerry bahwa ia akan dibius. Namun ternyata Jerry tidak sadar selama 9 hari. 

“Sebenarnya obat biusnya gak selama itu kan?” tanya Gritte.

“Gak selama itu mungkin 2 hari” jawab Jerry.

Jerry pun baru mengetahui penyakitnya setelah ia sadar, rupanya penyakitnya adalah kardiomiopati dimana otot jantungnya melemah, ia juga mengungkapkan bahwa fungsi jantungnya hanya 25% pada saat itu.

“Paru-paru gue isinya 9 liter cairan, darah kotor gitu-gitu jadi numpuk lah” ujar Jerry.

Ia juga menderita gagal ginjal akut yang mengharuskannya cuci darah selama 80 jam tanpa henti. Kemudian dokter menjelaskan bahwa penyakitnya tersebut terjadi karena kurangnya istirahat. 

“Dulu tuh gue salahnya gue minum kayak minuman suplemen, terus kopi, nah itu kan merusak ginjal. Karena itu gue buat nge-boost kayak energy drink gitu lho, tapi tiap hari banget gue minum biar gue melek” tutur Jerry.

Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di YouTube channel Gritte Agatha!

share on:

NEXT EPISODE

Gritte Agatha Debat Soal Cinta Bareng Ray Suraya dan Raihan Habib
Gritte Agatha Undang Pebisnis Thrift Shop yang Raih Ratusan Juta per Bulan
Intip Keseruan Gritte Agatha Staycation Bareng Tim!
PDKT Selama 3 Bulan, Azriel Hermansyah Gagal Jadian dengan Selebgram
Keseruan Momen Gritte Agatha Mendaki Gunung Munara Bogor
Novia Bachmid Ngaku Tidak Bisa Tidur Ketika “Wonderful Indonesia” Trending
Ngerinya Cerita Horor Bonceng Kuntilanak di Podcast Gritte Agatha
Bikin Merinding, Simak Cerita Hantu Tanpa Kepala Ganggu Murid SMA